Hebat, Jl Duaribu Ini Dibangun Berkat Sumbangan 2000 Rupiah

0
53

DEPOK – Rampung sudah pembangunan Jl Duaribu secara swadaya. Setahun tiga bulan warga dan pengguna sepeda motor menyisihkan Rp2000 untuk menyumbang pembuatan jalan alternatif sepanjang 250 meter lebar 3 meter, melintas Kelurahan Rangkapan Jaya Baru ke Pasir Putih.

Jalan tembus ini, tepatnya untuk akses dari RW 12, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, menuju RW 11, Kelurahan Pasir Putih, Sawangan, yang menyebrang Kali Pesanggrahan akhirnya selesai dikerjakan.

“Alhamdulillah…! Akhirnya selesai pembangunan mulai dari pengerasan, penurapan, perataan, pengecoran hingga pembjatan pagar kanan dan kiri jakan sepanjang 250 meter persis di pinggir Kali Pesanggrahan yang menghubungkan Kelurahan Pasir Putih, Sawangan, dan Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas,” kata Ketua RW 012, Rusdi, Kampung Rawa Denok didampingi Suparman, Ketua RW 11 Kelurahan Pasir Putih, Rabu (10/1).

Pekerjaan pembuatan jalan alternatif yang diberi nama Jl Duaribu ini merupakan inisiatif warga di dua kelurahan setelah sempat muncul keluhan dan protes penghuni perumahan Vila Mutiara Sentosa yang merasa terganggu dari pagi hingga pukul 22:00 dilalui warga yang melintas menggunakan sepeda motor setiap hari.

Menurut dia, pembangunan itu murni hasil kumpulan dan bantuan pemakai kendaraan yang melintas di jalan ini tanpa ada kegiatan lelang atau penunjukan proyek maupun bantuan dari Walikota Muhammad Idris maupun Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna. Total hasil swadaya sumbangan-sumbangan itu mencapai Rp 450 juta lebih.

“Jalan itu dinamakan Jl Dua Ribu karena untuk mengingatkan bahwa proyek pembangunan jalan sepanjang 250 meter dan lebar 3 meter berasal dari sumbangan suka rela warga maupun pemakai sepeda motor yang melintas memberika uang Rp 2000 saat lewat di ujung jembatan atau jalan ini, ” tuturnya.
Kebersamaan dan tekat panitia penyelenggara proyek jalan alternatif yang membuat masyarakat bahu membahu serta bergotong royong menuntaskan pekerjaan jalan sepanjang 250 meter dengan lebar 3 meter dipinggir Kali Pesanggrahan tersebut.

“Pengumpulan dana ini dengan cara, sejumlah petugas yang menjaga di ujung jembatan Kali Pesanggrahan untuk menerima bantuan sekedarnya atau seikhlasnya dari pengendara sepeda motor selama ini,” tambah Herman, warga Pasir Putih, Sawangan.

Mengusulkan Pelebaran Jembatan

“Kami sudah pernah bahkan beberapa kali mengusulkan atau meminta bantuan dana secara resmi, tapi ke dua pemimpin Depok, Walikota dan Wawako, tidak memberikan respon. Jika menunggu bantuan kemungkinan belum selesai pembangunan Jalan Dua Ribu ini, ” ujarnya kecewa.

Lurah Rangkapan Jaya Budi Muhammad, menambahkan selesainya Jl Duaribu sebagai salah satu jalan alternatif warga du kelurahan sangat mengembirakan namun perlu adanya antisipasi menambah pos jaga agar tidak menjadi sarana jalan untuk tindak kejahatan.

Melihat kondisi jalan yang miliki lebar 3 meter diharapkan panitia pembangunan jalan maupu sejumlah Ketua RW yang ada, tambah dia, dapat mengusulkan kembali rencana perbaikan atau pelebaran jembatan yang ada sekarang.

“Usulkan saja masukan atau saran pembangunan jembatan baru mengantikan jembatan yang sekarang hanya satu meter lebarnya dalam Musrenbang tingkat kelurahan tahu 2018 mendatang, ” ujarnya.

Sumber: Poskotanews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here